Kamis, 07 Februari 2013
KOMUNIKASI
ini materi dai ibu Evi S. Ibrahim
Pengertian Komunikasi
Komunikasi adalah proses social dimana individu-individu mengunakan lambing-lambang (syimbols) untuk memantapkan dan mengintrepertasikan pesan dalam lingkungan mereka.
Element Komunikasi
• Source, pencipta pesan (onigiator of a messge)
• Sander, pihak yang menciptakan pesan tetapi tidak selalu merupakan pencipta pesan
• Receiver, pihak yang menjadi tujuan dari penyampaian pesan.
• Message, isi dari tindak komunikatif. Stimuli yang disampaikan source/sander kepada reciver dalam bentuk verbal dab non verbal.
• Channel, sarana/medium dimana pesan disampaikan dari source/sander kepada reciver.
• Meaning, aktivitas menginterpretasikan pesan.
• Feedback, respon atau tanggapan tergadap pesan yang disampaikan.
• Effeck, hasil dari proses pertukaran pesan.
• Noise, setipa stimulu yang menghalangi kemampuan untuk mengirim atau menerima pesan.
• Noise, distorsi yang tidak dikehendaki.
Karakteristik Komunikasi
• Communication is often reciprocal :
• Ketika seseorang menyampaikan pesan, maka orang lain akan member tanggapan yang saling bertentangan.
• Sebagian orang member perhatian, sebgian member responsive.
• Communication involves at laest two people, to varying degrees, influence each other’s action :
• Orang berkomunikasi dengan, lebih dari skedar berkomunikasiuntuk orang lain.
Aksimo Komunikiasi
• You cannot not communicate:
• Kita mengkomunikasikan banyak hal meskipun kita tidak bermaksud secara internasional untuk berkomunkasi.
• Kita tidak selalu menyadari apa yang sesungguhnya kita komunikasikan.
• Communication occurs at two levels :
• Content (isi) merujuk pada apa yang dikatakan.
• Relationship (relasi) merujuk pada bagaimana member makna pada isi.
Miskonsepsi Komunikasi
• Meaning rest in people, not words :
• Pemaknaan jauh lebih penting dari kata-kata itu sendiri.
• Communication is not simple :
• Komunikasi memerlukan kecakapan-kecakapan kata (skills).
• Communication is not always a good thing :
• Komunikasi bukan tindakan baik atau buruk.
• Nilai komunukasi ditentukan bagaimana komunikasi tersebut digunakan.
• Communication will not solve all problems :
• Komunuikiasi merupakan alat untuk menyapaikan sesuatu yang berkaitan dengan upaya mengatasi masalah.
Fungsi Komunikasi
• Kebutuhan fisik :
• Individu sebagai mahluk social perlu berkomunikasi.
• Kebutuhan ego :
• Komunikasi meninginkan seseorang dapat menemukan dan memahami dirinya sendiri.
• Kebutuhan social :
• Komunikasi merupan sarana bagi seseorang untuk berinteraksi dengan orang lain.
• Inklusi, kebutuhan untuk berinteraksi dengan orang lain.
• Control, kebutuhan untuk mempengaruhi orang lain.
• Afeksi, kebutuhan untuk menjalin komunikasi yang lebih akrab dan pribadi.
Hambatan Komunikasi
• Komunikasi efektif dipahami sebagai ‘keberhasilan’ sender dan reciver dalam memahami pesan-pesan yang dipertukarkan.
• Upaya mencapai komunikasi efektif bukan hal yang mudah.
• Pesan yang disampaikan seseorang belum tentu diterima oleh orang lain seperti yang diharapkan.
• Unclear process, sender dan reciver tidak berbagi lambing-lambang yang sama.
• Personal limitations, keterbatasan fisik dan mental serta perbedaan pendidikan akan menghambat pencapaian pengertian bersama
• Human nature, sikap atau prilaku orang (egois, berprasangka).
Komunikasi Antara Pribadi
• Tindakan komuniukasi yang berlangsung 2 individu dalam latr (setting) pribadi.
• Pesan yang dipertukarkan adalah hal-hal yang pribadi.
• Perspektif KAP, situasional dan developmental.
• Situasional, interaksi tatap muka antara 2 individu dengan potensi umpan balik berlangsung.
• Developmental : KAP dilihat sebagai personal tingkat (as a metter of degree).
• Kominikasi akan “berkembang” menjadi KAP bila 2 individu yang terlibat telah saling mengenal dengan baik.
• KAp berkaitan dengan kualitas interaksi.
• Interpersonal communication, masing-masing individu diperlakukan sebagai subyek.
• Impersonal communicaton, ada perlakuan subyek-obyek.
• Tidak semua interaksi antara 2 individu dapat dikatakan sebagai impersonal communication.
Komunikasi Kelompok
• Sekumpulan kecil orang yang berinteraksi biasanya tatap muka dalam waktu relative panjang untik mencapai tujuan.
• Sekumpulan individu dalam satu kontak yang bertindak sebagai interdependen menuju tujuan bersama.
• Coact, sekumpulan individu yang secara stimultan terikat dalam aktivitas yang sama.
Komunikasi Organisasi
Fungsi komunikasi organisasi : informative, regulative, persuasive dan intregratif.
Fungsi informatif :
• Organisasi sebagai pemrosesan informasi.
• Manajemen membutuhkan informasi untuk membuat kebijakan; anggota membutuhkannya untuk melaksanakan tugas.
Fungsi Regulatif :
• Peraturan yang berlaku dalam organisasi.
• Anggota membutuhkan kepastian peraturan untuk melaksanakan tugas.
Fungsi Persuasif :
• Kekuasan tidak selamanya membawa hasil yang diharapkan.
• Persuasi memungkinkan terciptanya kepedulian anggota yang lebih besar.
Fungsi Intergratif :
• Memadukan saluran komunikasi formal dan informal.
• Memungkinkan terciptannya keterlibatan anggota yang lebih tinggi terhadap organisasi.
Komunikasi Massa
• Proses dimana organisasi media memproduksi dan mentransmisikan pesan kepada public.
• Proses dimana pesan tersebut dicari, digunakan, dipahami dan dipengaruhi oleh khalayak.
• Media massa tidak hanya menyampaikan informasi, tetapi juga menyusun agenda yang dinilai penting bagi public.
Fungsi komunikasi massa : surveillance, correltion, transmission dan entertainment.
Sulveillace :
• Menyampaikan informasi tentang berbagai peristiwa terjadi.
Correlation :
• Memberikan pilihan untuk memecahkan masalah.
• Menjelaskan, menginterpretasikan dan member komentar peristiwa yang terjadi.
Transmission :
• Sarana untuk melakukan sosialisasi dan edukasi
Entertainment :
• Memungkinkan setiap orang dapat melakukan relaksasi dan mengurangi ketegangan.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar